Alat Kontrasepsi Kondom

Kondom mempunyai sejarah yang unik di Inggris. Dokter Condom membuat alat yang dipergunakan untuk menghindari kehamilan. Kondom dibuat pertama kali dari kulit, selanjutnya usus sehingga pembuatan kondom mahal dan saat memakai kondom memerlukan perhatian khusus. Karena dibuat dari kulit dan usus sering menimbulkan irtasi liang senggama. Tebal kondom menyebabkan kurang nikmat saat dipakai.

alat-kontrasepsi-kondom

Alat kontrasepsi penghalang pada pria adalah kondom. Kondom merupakan selubung karet tipis yang di pasang pada penis yang ereksi dan dikeakan selama snggama untuk mencegah penumpuukan sperma dalam vagina. Kondom  tersedia secara luas dan dapat dibeli dengan bebas di toko obat atau di apotik.

Jika digunakan dnegan benar (khususnya bersama preparat spermisida). Kondom merupakan bentuk kontrasepi yang efeisien. Alat ini merupakan penghalang fisik yang dapat mencegah kehamilan maupun infeksi oleh mikrooganisme yang menular. Namun demikian, kondom menggangu proses spontanitas pada senggama karena tidak bisa dipasang sebelum penis mengalami ereksi.

Sebagian orang merasakan bahwa kondom mengurangi kepekaan. Jika penis tidak segera dikeluarkan setelah ejakulasi, kondom dapat terlepas dan sperma di dalamnya bisa mengalir masuk ke vagina. Faktor biaya yang mungkin pula dipertimbangkan pula. Alat kontrsepsi penghalang pada wanita-diafragma dan cervical cap merupakan dua metode kontrasepsi penghalang yang sering digunakan pada wanita. Diafragma berupa tutup karet berbentuk piing kecil dengan kawat pegas di sebelah bingkai sirkulernya. Ketika dipasang, bingkai diafragma akan berada pada forniks vagina sehingga tutup karet tersebut menutupi serviks. Cervical cap yang tidak begitu sering digunakan, memiliki bentuk seperti alat pelindung jari dari logam yang dipakai ketika menjahit (thinble). Besar alat ini pas pada serviks. Preparat spermisida biasanya dianjurkan unutk digunakan bersama-sama alat kontrasepsi penghalang ini.

Kerugian pada metode alat kontrasepsi kondom untuk wanita ini adalah alanya tidak selalu sesuai bagi setiap wanita, khsusunya jika terdapat pergeseran rahim atau dinding vaginanya kendor. Demikian pula, setelah melahirkan atau bila terjadi penurunan atau penambahan berat badan yang bermakna, ukuran alat tersebut harus disesuaikan kembali sehingga diperlukan pengecekan setahun sekali.

Sebagian besar petugas kesehatan menganjurkan penggunaan kombinasi preparat kontrasepsi kiia dengan kontrasepsi penghalang seperti diafragma atau kondom. Preparat kontrasepsi kimia dapat dibeli tanpa resep dokter dan membantu melicinkan vagina. Namun demikian, pemakaiannya mungkin merepotkan karena kebanyakan harus digunakan sebelum senggama dan kadang-kadang menimbulkan reaksi seperti rasa gatal serta terbakar.


>>> Ovutest Scope Memudahkan Perencanaan & Penundaan Kehamilan - Alat KB Alami Sebagai Alat Uji Masa Subur Wanita. Bagi yang ingin menunda kehamilan maka lakukan hubungan intim pada saat masa tidak subur, Cukup Satu Alat Seumur Hidup. KLIK DETAIL DISINI!


This entry was posted in Alat Kontrasepsi, Jenis Alat Kontrasepsi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>