Alat Kontrasepsi Paling Aman

Setiap jenis alat kontrasepsi ada efek sampingnya. Demikian juga dengan suntik KB 3 bulan yang biasanya berisi hormon progesteron. Efek samping yang sering terjadi adalah peningkatan berat badan, sakit kepala, mual dan perubahan mood. Berbeda dengan suntik 1 bulan, suntik KB 3 bulan ini memang seringkali tidak menghasilkan siklus menstruasi yang rutin. Atau dapat pula flek-flek saja di setiap bulannya seperti yang dialami kebanyakan wanita pada umumnya. Oleh karenanya, flek berupa keluarnya darah meski dalam jumlah yang sedikitĀ  masih terbilang wajar terjadi dan tidak perlu dirisaukan.

suntikan-KB

Gambar : alat suntikan KB

Namun apabila terjadi perdarahan yang banyak dan panjang ketika menggunakan alat kontrasepsi pada pil 3 bulan atau suntik KB, maka perlu dikonsultasikan kepada dokter terkait atau bidan untuk mencari penyebabnya, apakah karena efek samping KB dan perlu diganti, atau ada penyebab lain. Mintalah saran untuk penggunaan alat kontrasepsi yang sekiranya cocok dengan Anda.

Jenis alat kontrasepsi dengan suntik KB yang mengandung hormon di dalamnya. Suntik KB memiliki masa suntik yang bervariasi yakni per satu atau tiga bulan. Suntik KB dapat mengurangi risiko telat atau lupa. Efek samping dari kontrasepsi ini adalah menstruasi tidak teratur, dan peningkatan berat badan.

Sebagian besar wanita yang menggunakan suntikan KB dinilai lebih praktis, sederhana dan efektif pula. Suntikan KB diberikan di bokong. Namun, suntikan berefek samping perdarahan spotting atau mungkin juga perdarahan terus-menerus, selain kemungkinan tidak haid sama sekali (amenorrhoe). Keuntungannya, bagi ibu yang pelupa minum pil, suntikan KB pilihan yang tepat. Suntik KB termasuk kontrasepsi yang diminati oleh banyak perempuan. Anda bisa melalukan suntik KB setiap 1 bulan atua 3 bulan sekali. Suntik KB aman digunakan bagi wanita menyusui setelah 6 minggi pasca persalinan. Efek samping yang biasa terjadi adalah keluar flek-flek, perdarahan ringan di antara dua masa haid, sakit kepala dan kenaikan berat badan. Jika Anda menghentikan penggunaan suntik KB kemungkinan untuk hamil kembali sangat tinggi.

Suntikan KB ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan endometrium yang normal. Diperkirakan hal ini dapat mengganggu rangkaian hubungan hipotalamus-hipofisis-indung telur. Metode kontrasepsi dengan suntikan KB diperkirakan 99% efektif dan angka berkelanjutan pemakaian suntikan KB adalah 70% setelah satu tahun.


>>> Ovutest Scope Memudahkan Perencanaan & Penundaan Kehamilan - Alat KB Alami Sebagai Alat Uji Masa Subur Wanita. Bagi yang ingin menunda kehamilan maka lakukan hubungan intim pada saat masa tidak subur, Cukup Satu Alat Seumur Hidup. KLIK DETAIL DISINI!


This entry was posted in Alat Kontrasepsi, Jenis Alat Kontrasepsi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>